Pendidikan SLTP di NTT sangat Tertinggal

Pendidikan SLTP di Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat Tertinggal

NTT adalah salah satu propinsi di Indonesia yang termasuk miskin. Jumlah penduduk dibawah garis kemiskinan 27% tahun 2004, dan akan meledak menjadi 50% jika garis kemiskinan kita naikkan 25% saja. Walaupun bukan propinsi yang paling buncit dalam hal angka kemiskinan tetapi jika dilihat dari segi pendidikan SLTP-nya, NTT paling tertinggal termasuk dibandingkan dengan Papua.

Definisi dan Sumber Data
Angka Partisipasi Murni (APM) SLTP adalah angka yang menunjukan persentase anak (umur 13-15 tahun) yang sedang sekolah ditingkat SLTP sederajat terhadap jumlah anak usia 13-15 tahun.

Sumber data: diolah dari data asli Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 1993 sampai dengan 2004. Pada Susenas 2002, sample di Papua hanya diambil di Kota Jayapura.


Analisa Sederhana
Jika kita bandingkan APM NTT dengan APM Nasional maupun dengan APM propinsi tetangganya (NTB) maka bisa disimpulkan bahwa NTT sangat tertinggal, baik secara total maupun percepatan kenaikan APM tiap tahunnya. Dalam rentang 12 tahun, NTT hanya bisa mengangkat APM sekitar 17% (dari 26% ke 43%). Hal ini sangat berbeda dengan propinsi tetangganya yaitu NTB.



Sumber : Susenas 1993 s/d 2004 BPS
Catatan: Th 2002, Papua hanya disurvei di Kota Jayapura saja.

Jika kita lihat lebih jauh tentang APM NTT terutama berhubungan dengan kesempatan bersekolah untuk RT miskin, maka ada indikasi positif bahwa masyarakat yang berada di kelompok miskin (Kuintil 1 dan 2) ternyata APM SLTP makin meningkat sejak 1993 sampai 2004. Berbeda sekali dengan kelompok RT kaya. Perlu ada penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui Kenapa kelompok Miskin ternyata kesempatan bersekolah di SLTP meningkat (walaupun belum besar)?


Sumber : Susenas 1993 s/d 2004 BPS
Catatan: Kuintile (Q) adalah pengelompokan RT menjadi 5 kelompok berdasarkan pengeluaran perkapita RT tersebut. Q1 adalah kelompok termiskin dengan pengeluaan perkapita terkecil.


Jika Anda tertarik
Jika Anda tertarik dengan tulisan ini atau dengan sumber datanya, Anda bisa hubungi Andi di 0856 181 0301 atau email ke andidn@gmail.com.
Data yang tersedia adalah data APM SLTP dari Susenas 1993 s/d 2004 menurut jenis kelamin, Quintile dan Provinsi/Kab. Baik berupa tabel maupun rawdata.

No comments: