Hasil Awal Sensus Penduduk NAD & Nias (SPAN) 2005

Hasil Awal Sensus Penduduk Aceh dan Nias (SPAN) 2005

Apa itu SPAN?
SPAN adalah Sensus Penduduk yang diadakan di Aceh dan Nias sebagai tuntutan kebutuhan data dasar pasca musibah gempa bumi dan tsunami di NAD dan Nias yang sangat mendesak, terutama dalam upaya rehabilitasi dan rekonstruksi NAD dan Nias.

SPAN dilakukan oleh BPS dengan bantuan dana dari UNFPA, CIDA, AusAID, dan NZAID. Sensus dilakukan serentak dari 15 Agustus s/d 15 September 2005. Karena suntikan dana yang cukup besar dan dengan monitoring yang ketat baik dari BPS sebagai pelaksana dan dari penyandang dana sendiri, maka hasil SPAN ini diklaim sebagai sensus yang terbaik dalam sejarah pengumpulan data di Aceh dan Nias. Apalagi dengan kondisi keamanan di Aceh yang membaik. Seperti diketahui bahwa hasil sensus sebelumnya (Sensus Penduduk 2000 dan Pendataan P4B untuk pemilu) hasilnya tidak memuaskan.

Isi dari SPAN
SPAN berisi semua informasi tentang penduduk (jenis kelamin, hubungan keluarga, status perkawinan, umur, agama) dan status pengungsi, status tempat tinggal, pendidikan, kegiatan sehari-hari. Semua informasi tersebut dihubungkan dengan kondisi sebelum dan setelah Tsunami. Tetapi jangan harap mendapatkan daftar nama lengkap penduduk NAD dan Nias, karena sensus ini tidak boleh mengumpulkan informasi nama lengkap tetapi hanya initial saja.

Tabel-Tabel Hasil SPAN



Info SPAN Lainnya
Hasil SPAN ini diperoleh dari kegiatan deseminasi data SPAN di BPS Jakarta, 29 November 2005. Rencananya seminggu setelah itu akan dilakukan juga hal yang sama di Banda Aceh.

Data SPAN nantinya merupakan data yang bersifat public domain, setiap orang akan bisa memanfaatkannya. BPS berjanji pada Januari 2005, data SPAN bisa direlease ke public. Silahkan hubungi BPS.

Ingin Tabel Hasil SPAN Lainnya?
Sebenarnya masih banyak Tabel dari hasil SPAN ini, misalnya Tabel Kepadatan Penduduk, Jumlah Penduduk menurut status tempat tinggal dan status pengungsinya, Penduduk menurut pengaruh tsunami, Penduduk menurut Pendidikannya, dan Penduduk menurut kegiatannya.

Jika Anda ingin mendapatkannya bisa hubungi Andi di 08561810301 atau email: andidn@gmail.com. Kami berharap bulan Januari 2006, kami bisa mendapatkan raw data SPAN ini dan bisa melakukan analisa yang lebih mendalam dari data SPAN ini.

No comments: